Kamis, 03 Mei 2012

Pengertian Profesi dan Profesional


Pengertian Profesi dan Profesional
            Profesi dalam pengertian kita sehari-hari diartikan sebagai suatu jenis dalam pekerjaan, tetapi tidak hanya itu Profesi sendiri memiliki arti sebuah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan dan keahlian khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses setrifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut.
            Sedangkan untuk pengertian profesional jika diambil dari pengertian sehari-hari akan berarti sesorang yang memenuhi segala kriteria terhadap profesi yang diposisikan.

            Disini saya akan membandingkan pendapat saya dengan pendapat seorang ahli bernama De George mengenai pengertian profesi dan profesional.
Pembahasan
Menurut Pribadi
Menurut De George
Profesi
Suatu pekerjaan yang memiliki karakteristik-karakteristik khusus berupa kode etik, asosiasi profesional, pendidikan yang ekstensif dan lain-lain. Sehingga Tidak semua perkerjaan bisa dikatakan sebagai "Profesi"
Pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian

Profesional
Suatu sikap yang mampu memenuhi segala dasar-dasar  , prinsip-prinsip , serta aturan-aturan yang berlaku dalam suatu profesi untuk mencapai hasil yang maksimum
Orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan
hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian yang tinggi. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.


                      
              Dalam Teknik Mesin sikap profesional harus ditumbuhkan dalam berprofesi sebagai seorang mechanical engineer demi pemenuhan segala aspek yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tertentu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar